Blog

God is Calling You: Answer or Decline?

God is Calling You: Answer or Decline?

Umat Katolik sedunia baru saja memperingati Hari Minggu Panggilan yang ke-58. Untuk itu, Gereja Santo Antonius Padua Kotabaru turut serta memperingatinya dengan melaksanakan perayaan Ekaristi yang berkolaborasi dengan beberapa pihak.

Pada hari Sabtu (24/4) bersama Seminari Mertoyudan (16.30 WIB), sedangkan pada hari Minggu (25/4) bersama Suster-Suster CB (07.00 WIB), Siswa-Siswi SMA Van Lith (09.30 WIB), serta para Frater Kolese St. Ignatius (16.30 WIB). Perayaan Ekaristi pun dilaksanakan sedemikian rupa dengan ciri khas dari masing-masing penyelenggara, guna menyentuh hati para umat khususnya rekan-rekan muda, dengan harapan agar dapat mereka menyadari panggilannya masing-masing.

Tak hanya dalam perayaan Ekaristi saja, Gereja Kotabaru juga memperingati Minggu Panggilan dengan menghadirkan kembali Ngobar Kobar yang disiarkan secara live streaming melalui channel youtube paroki pada hari Sabtu pukul 19.00 WIB. Dibawakan oleh dua host yang merupakan rekan muda yakni Matias Christian Abinaya dan Angela Yovita Kristiani, Ngobar Kobar Episode 5 kali ini terasa spesial karena menghadirkan dua narasumber sekaligus. Narasumber tersebut yakni Rm. Effendi Kusuma S., SJ dan Agnes Sinta dari Komunitas Psychocare.

Diawali dengan sapaan hangat kepada sobat Kobar di rumah, kemudian para host mengundang kedua narasumber menggunakan sebuah telepon dengan maksud untuk memaknai tema Ngobar Kobar kali ini yakni “God is Calling You : Answer or Decline?” Berbagai pertanyaan menarik dilontarkan host kepada kedua narasumber, mulai dari kisah awal panggilan, hingga suka duka atas perjalanan panggilan yang selama ini dirasakan oleh Rm. Effendi sebagai Jesuit dan Kak Sinta sebagai volunteer yang membantu orang-orang yang sering terabaikan.

Banyak pesan berharga yang tentunya didapatkan pemirsa setelah menyaksikan Ngobar Kobar kali ini. Salah satunya ketika Rm. Effendi dan Kak Sinta menegaskan bahwa panggilan dapat kita alami dari banyak hal, bahkan terkadang tidak kita sadari. Panggilan juga merupakan sebuah pilihan, tinggal bagaimana kita menanggapinya, apakah menerima atau menolak.

Serangkaian kegiatan untuk memperingati Minggu Panggilan berjalan dengan cukup baik. Gereja Santo Antonius Padua Kotabaru tentunya mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memeriahkan peringatan ini, diantaranya kepada SAV Puskat, Yayasan Realino SPM, Prompang SJ, rekan-rekan dari Seminari Mertoyudan, Suster-Suster CB, SMA Van Lith, Agni’s Cakery, dan Batik Daradasih serta siapa saja yang telah berpartisipasi.

Kiranya melalui serangkaian acara yang telah terlaksana, para kaum muda semakin menyadari panggilan hidupnya masing-masing dan berani memilih ‘answer‘ ketika menyadari bahwa Tuhan telah memanggil.

Cornelia Marissa

Please follow and like us:

Leave a comment