1

VISI

Dengan semangat Ignatian, Gereja St. Antonius Padua Kotabaru mewujudkan peradaban kasih dengan menjadi Gereja yang inklusif, inovatif, dan transformatif demi kesejahteraan masyarakat multikultural

2

MISI

A. Menunjukkan jalan kepada Tuhan lewat Latihan Rohani dan Diskresi

Gereja menghadapi sekularisme dan juga radikalisme dalam masyarakat zaman ini. Sekularisme ingin membebaskan negara, moral, dan pendidikan dari agama karena agama menjadi pengekang kebebasan manusia. Di sisi lain muncul pula reaksi yang secara militan membela agamanya sehingga menjadi radikalisme. Dalam masyarakat Indonesia, kebebasan beragama masih dihargai sehingga ini menjadi peluang untuk tetap memeluk agama kristiani. Latihan Rohani St. Ignatius Loyola akan membantu meningkatkan iman umat dan dengan bimbingan berdiskresi umat akan menemukan Allah dalam hidup sehari-hari. Paus Benediktus XVI sendiri menyatakan bahwa bukan ideologi yang memajukan kemanusiaan, tetapi pribadi-pribadi yang telah disentuh oleh cinta Kristus.

B. Berjalan bersama orang miskin, kaum tersingkir, dan orang yang dilanggar martabatnya untuk mewujudkan rekonsiliasi dan keadilan

Keterlibatan dalam menemani KLMTD merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan keadilan dalam masyarakat. Keberpihakan terhadap KLMTD bertujuan untuk membantu dan memperdengarkan korban, menegakkan keadilan, dan penyembuhan luka. Komitmen ini mencakup pula pencegahan terhadap segala bentuk penindasan atau pun pelecehan, edukasi, dan pencarian akar persoalan.

C. Menemani orang muda dalam menciptakan masa depan berpengharapan

Orang muda merupakan tahap dimana orang membuat keputusan-keputusan penting untuk masuk dalam masyarakat, menemukan makna hidupnya, dan mewujudkan mimpi-mimpinya. Di sisi lain, mereka memiliki potensi-potensi kebaikan dalam diri yang perlu dikembangkan supaya memiliki kemampuan yang akan membantu masa depan mereka. Jiwa kepemimpinan, hidup rohani, hidup sosial, pemahaman moral perlu dikembangkan dalam diri mereka. Karena itu, orang muda perlu ditemani untuk menemukan jalan Tuhan yang akan membawa mereka lebih solider dan peduli pada kebaikan bersama.

D. Berkolaborasi memelihara lingkungan hidup

Kerusakan bumi adalah juga kehancuran orang-orang lemah seperti penduduk asli, orang yang terpaksa mengungsi, dan penduduk urban. Umat Kristen membutuhkan pertobatan ekologis sebagai hasil perjumpaan dengan Yesus Kristus. Karena itu, pertobatan membutuhkan perubahan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

3

NILAI NILAI

Inklusif, inovatif, dan transformatif