Kehadiran Bapa Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi hal yang menggembirakan bagi umat Katolik Indonesia. Gereja St. Antonius Kotabaru pun turut serta menyiarkan Misa Agung bersama Bapa Paus Fransiskus yang berlokasi di Gelora Bung Karno itu (5/9/2024). Umat diundang hadir di Gereja untuk mengikuti misa tersebut secara daring. Di luar dugaan, sangat banyak umat yang hadir.

Dilihat dari umat yang hadir, antusias dan sukacita kegembiraan sungguh tampak pada setiap umat sebab dari anak-anak hingga kakek-nenek ikut datang dan bergabung dalam Misa Kudus secara daring di gereja. 

Ketika Misa baru selesai dilaksanakan, tepuk tangan menggema di seluruh sudut gereja. Tak hanya itu, saat Bapa Paus Fransiskus melambaikan tangan untuk menyapa para umat di GBK, umat di gereja pun ikut membalas melambaikan tangannya ke Bapa Paus Fransiskus yang menyiratkan bahwa sapaan Bapa Paus sungguh masuk ke dalam hati setiap para umat Katolik di mana pun berada.

Bapa Paus Fransiskus mengajak kita untuk terus menciptakan persaudaraan dan perdamaian di tengah keanekaragaman bangsa ini. 

Harapannya, homili dan pesan-pesan yang beliau sampaikan bisa sungguh didengar dan masuk ke dalam hati umat. “Ketika kita tidak memiliki apa pun untuk diberikan, hendaklah kita memberikan ketiadaan itu. Dan ingatlah, bahkan ketika kamu tidak menuai apa-apa, jangan pernah lelah menabur,” ujar Bapa Paus Fransiskus.

Bernadheta Lely

Open chat
Kontak Sekretariat
Silahkan klik untuk chat dengan sekretariat