Blog

EKM Semongko: Semangat Orang Muda untuk Berkolaborasi!

EKM Semongko: Semangat Orang Muda untuk Berkolaborasi!

Ekaristi Kaum Muda (EKM) dengan tagline “Semongko: Semangat Orang Muda Untuk Berkolaborasi” diselenggarakan oleh tim EKM Gereja Santo Antonius Kotabaru Yogyakarta bersama Kolese St. Ignatius pada hari Rabu (28/10/2020). Kegiatan ini dilakukan untuk ikut serta merayakan hari Sumpah Pemuda yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia sekaligus memperingati Pesta Santo Simon dan Santo Yudas Para Rasul. Ekaristi dipimpin oleh Rm. Effendi Kusuma S., SJ serta didampingi oleh Diakon Hugo Bayu, SJ dan dimulai pada pukul 17.30 WIB.

.

Ekaristi diawali dengan narasi singkat tentang kisah Santo Simon dan Yudas, kemudian dilanjutkan dengan doa mohon perlindungan dari wabah virus corona, pemutaran video visualisasi singkat, dan Ekaristi dilanjutkan seperti biasanya. Video tersebut diputar untuk mengingatkan kita tentang pentingnya sebuah Ekaristi, meskipun kini hanya bisa diikuti melalui live streaming, hal tersebut tidak boleh menurunkan semangat untuk mengikuti perayaan Ekaristi. Seperti para frater Kolese Santo Ignatius dan suster ADM yang tetap semangat menjadi petugas pada EKM ini. Tak hanya itu, ajakan untuk tetap semangat dan produktif pun juga muncul dalam homili yang disampaikan Rm. Effendi.

.

Dalam homilinya, Rm. Effendi mengajak kita untuk selalu mengingat bahwa kita dipanggil dengan cara yang istimewa oleh Yesus Kristus. Kita dipanggil untuk membangun Kerajaan Allah di bumi Indonesia. Iman Katolik itu menggerakkan kita dan membuat kita mampu mengatakan “Saya 100% Indonesia, saya 100% Katolik!” Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa kita bahwa keanekaragaman yang dimiliki ialah sebuah potensi kekayaan yang sangat besar.

.

Pada akhir homili, Rm. Effendi berpesan, “Hiduplah dalam 3K ; Kasih, Komunitas, dan Kolaborasi.” Kemudian homili ditutup dengan beberapa pantun untuk menyemangati para umat, khususnya kaum muda. Misa pun berlanjut dengan khidmat dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Bangun Pemuda-Pemudi.

 

Cornelia Marissa.

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a comment