Blog

Baptisan: Aku Percaya Pada Yesus

Baptisan: Aku Percaya Pada Yesus

Pada hari Jumat, 31 Juli 2020 pukul 16.30, beberapa katekumen menerima Sakramen Baptis di Gereja St. Antonius Padua Kotabaru. Beberapa katekumen ini seharusnya menerima Sakramen Baptis saat Malam Paskah bulan April lalu, namun dengan sabar dan tetap teguh mereka menunggu sampai pada akhirnya dibaptis dan menjadi anggota resmi Gereja Katolik. Proses penerimaan Sakramen Baptis sudah mengikuti dan menaati protokol kesehatan.

.

Sebelum masuk ke liturgi pembaptisan, Rm. Macarius Maharsono Probho, SJ sebagai pemimpin ibadat menyampaikan 3 poin penting. Pertama, beliau yakin bahwa saudara-saudari yang akan dibaptis telah dituntun oleh Allah sampai pada keputusan ‘Aku mau dibaptis’. Kedua, beliau mengajak semua saja umat Katolik untuk rajin membaca Kitab Suci walaupun terkadang belum paham apa maksudnya, Romo Mahar yakin bahwa Yesus akan mengutus seseorang untuk membantu kita memahami maksud Kitab Suci. Ketiga, katekumen yang akan dibaptis harus percaya kepada Yesus yang akan menuntun kita pada Allah.

.

Liturgi pembaptisan pun dimulai setelah homili. Suasana gembira penuh haru memenuhi area gereja saat masuk ke liturgi pembaptisan. Setelah ibadat selesai, katekis mengucapkan selamat ke pada semua yang telah dibaptis dan mengingatkan kembali tanggung jawab setelah dibaptis. Kemudian katekumen dipersilahkan untuk segera pulang meninggalkan area gereja. Setelah gereja kosong, dilakukan penyemprotan disinfektan di area gedung gereja, demi keamanan dan kenyaman bersama.

 

Dokumentasi dapat diunduh melalui link https://bit.ly/BaptisKobar2020

Jessica Juliani

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a comment