Blog

Tantangan dari St. Ignatius Loyola

Tantangan dari St. Ignatius Loyola

Santo Ignatius Loyola adalah pendiri Ordo Serikat Yesus. Ia tidak hanya seorang teolog, namun juga sosok yang sangat inspiratif. Dalam rangka Hari Raya St. Ignatius Loyola, Tim Kreatif Kotabaru mengadakan #NgobarKobar dengan tema “Tantangan dari St. Ignatius Loyola untuk Kaum Muda” dan narasumber Diakon Pieter Dolle, SJ. Pada hari Kamis, 30 Juli 2020 pukul 19.00 WIB, #NgobarKobar ditayangkan melalui channel Youtube Gereja St. Antonius Kotabaru.

.

Pada segmen kedua, Tunjung dan Lia sebagai host, bersama Diakon Pieter, ngobrol mengenai perjalanan dan juga semangat-semangat St. Ignatius Loyola. “Salah satu semangatnya, Ad Maiorem Dei Gloriam, atau AMDG, demi kemuliaan Tuhan yang lebih besar. Mengarahkan segala tindakan, segala pilihan, selaras dengan kehendak Tuhan dan demi besarnya kemuliaan Tuhan,” ujar Diakon Pieter. Menurut Lia, semangat AMDG ini juga nampak dalam pelayanannya di Komunitas Lektor Kotabaru.

.

Di akhir acara, mereka ngobrol mengenai apa yang akan dikatan oleh St. Ignatius Loyola jika ia hidup di zaman ini. “Menurut saya, St. Ignatius akan berkata ‘Anak muda, ayo berkarya! Jangan takut gagal karena walaupun kamu jatuh pasti bisa bangkit lagi’ gitu,” ujar Tunjung. Diakon Pieter juga menambahkan bahwa St. Ignatius akan mengajak kaum muda untuk tidak hanya sekedar di permukaan tapi juga berani masuk ke kedalaman, mencari dan menemukan Tuhan dari pengalaman-pengalaman hidup kita.

.

Pertanyaan tersebut juga dijawab oleh Rm. Thomas Septi Widhiyudana, SJ dalam homilinya saat Perayaan Ekaristi Hari Raya St. Ignatius Loyola tanggal 31 Juli 2020 pukul 17.30. “Jika St. Ignatius masih hidup di zaman ini, saya yakin ia akan tetap berkata ‘Selamatkan jiwa-jiwa’” ujar Romo Thomas, SJ. Menurut beliau, St. Ignatius mengajak kita untuk merancang dengan cara cerdas, mengarahkan, mengembangkan dan membatasi kekuatan kita untuk merawat bumi dan mengembangkan hidup bersama dengan lebih baik.

.

Selamat Hari Ignatius Loyola. Ad Mairoem Dei Gloriam.

.

Jessica Juliani

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a comment