Blog

Karakter Konsolasi dan Roh Baik

Karakter Konsolasi dan Roh Baik

Konsolasi bisa berupa konsolasi fisik, psikis, dan rohani. Konsolasi fisik itu seperti rasa segar saat mandi dengan air hangat. Konsolasi psikis itu seperti kegembiraan karena mendapatkan nilai bagus saat ujian. Sementara konsolasi rohani adalah kegembiraan karena dekat dengan Tuhan. Berikut ini beberapa karakter dari konsolasi rohani:

  1. 1.Berkembang dalam iman, harapan, dan kasih

    Dalam konsolasi kita akan semakin percaya pada kehadiran Tuhan. Kita juga akan menjalani hidup dengan penuh semangat karena memiliki harapan pada Tuhan. Kita dengan gembira pula melayani orang lain.

  2. 2.Merasakan kedekatan dengan Tuhan

    Dalam konsolasi, kita menyadari peran atau rahmat Tuhan dalam peristiwa-peristiwa hidup kita. Hal ini membuat kita merasakan bahwa Tuhan hadir dalam hidup kita. Kita merasakan kedekatan dengan Tuhan.

  3. 3.Merasakan kedamaian dan ketenangan

    Dalam konsolasi, kita sadar bahwa Tuhan menyertai hidup ini. Dengan kesadaran ini, kita tidak merasa khawatir sebab sesulit apapun hidup ini ada Tuhan yang akan membantu kita. Karena itu, kita merasakan kedamaian dan ketenangan dalam iman akan Kristus.

  4. 4.Keinginan kuat untuk mengikuti Tuhan

    Kedekatan dengan Tuhan menggerakkan kita untuk mengikuti-Nya. Tuhan sendiri juga memanggil kita untuk selalu mengikuti-Nya. Maka dalam konsolasi, kita memiliki keinginan kuat untuk dekat dan melaksanakan perintah Tuhan.

  5. 5.Transparansi

    Jika dalam desolasi cenderung menutup diri, dalam konsolasi orang berani membagikan pengalamannya, baik yang terang maupun gelap pada orang lain.

Sumber: Mark E. Thibodeaux, SJ, God’s Voice Within, Chicago: Loyola Press, 2010, hlm. 43-58.

Win SJ

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a comment