Blog

Renungan Adven III 2019

Renungan Adven III 2019

PERMENUNGAN MINGGU ADVEN KETIGA

Bacaan

Yes.35:1-6,10; Mzm.145; Yak. 5:7-10; Mat.11:2-11.

Disposisi batin

Aku membayangkan diriku sedang berdiri dengan rendah hati di hadapan Tuhan yang mengasihiku.

Rahmat yang dimohon

Aku memohon rahmat untuk menghargai keindahan dan kerapuhan dari rumah kita bersama.

Saran: UAP 4

Berkolaborasi untuk memelihara rumah kita bersama

Dari bacaan pertama, Yesaya memahami pemulihan bangsa Israel dari penjajahan bukan saja untuk Israel, tetapi untuk seluruh kemanusiaan. Dalam bahasa lain, Yesaya memikirkan kegembiraan karena akhirnya ditebus dari perbudakan dan kembali ke rumah dari pembuangan. Kegembiraan itu dalam bacaan Injil terjadi karena kehadiran Yesus, Mesias. Yohanes dikisahkan menemukan seluruh tujuan hidupnya di penjara. Dia menunjukkan bahwa berharap, percaya adalah karya seorang nabi. Kesabaran adalah iman yang menanti Tuhan. Yohanes menemukan Yesus sebagai jawaban atas pergulatannya sehingga penjara yang adalah tempat kehilangan dan keraguan menjadi tempat pembebasan, harapan, dan iman. Dalam hidup ini, kita pun mengalami ‘penjara-penjara’, keraguan dan kehilangan. Dengan Yesus, semua penjara kita diubah menjadi tempat beriman.

Kita telah ditebus oleh Yesus Kristus. Dengan mengimani dan meneladan Yesus Kristus, kita  merawat rahmat penebusan itu. Pengalaman ditebus dan dibebaskan ini juga menggerakan kita untuk menebus dan membebaskan ciptaan lain. Inilah misi dari umat Kristiani yang sudah mengalami penebusan oleh Yesus Kristus. Kita semua diundangan untuk berkomitmen dalam menegakkan keadilan dan membawa kedamaian.

Ciptaan lain selain manusia yang mengalami penindasan adalah bumi, rumah kita bersama. Dengan merawat rumah bersama ini, kita membawa kedamaian bagi dunia. Dengan merawat lingkungan hidup, kita mewujudkan iman akan Yesus Kristus yang sampai saat ini terus berakarya di dunia.

Refleksi

Sudahkah aku berbuat kebaikan untuk lingkungan hidupku?

Percakapan dengan Tuhan

Kita ungkapkan kepada Tuhan hal-hal yang bisa kulakukan untuk kebaikan lingkungan hidup dan kita sampaikan niat-niat kita untuk kelestarian rumah kita bersama.

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a comment