Blog

Renungan Adven 1 2019

Renungan Adven 1 2019

PERMENUNGAN MINGGU ADVEN PERTAMA

Bacaan

Yes.2:1-5; Mzm.121; Rom.13:11-14; Mat.24:37-44.

Disposisi batin

Aku membayangkan diriku sedang berdiri dengan rendah hati di hadapan Tuhan yang mengasihiku.

Rahmat yang dimohon

Aku memohon rahmat untuk mengalami diri sebagai peziarah.

Saran: UAP 3

Menemani orang muda dalam memupuk masa depan yang penuh harapan.

Bacaan-bacaan di atas menyampaikan kedatangan Tuhan. Kita diajak untuk ‘bangun’, menggunakan semua indra, dan terutama mata iman untuk melihat apa yang sedang dilakukan Tuhan dan bagaimana Ia akan memenuhi janji-janji-Nya (Mat.24:37-44). Kita juga diajak untuk merenungkan kodrat Allah yang aktif dalam sejarah sebagai Tuhan. Siapakah Tuhan yang kita nantikan ini? Siapakah Tuhan yang setia pada kita dan ciptaan-Nya ini?

Tuhan yang kita nantikan adalah Tuhan yang membarui ciptaan yang terkena noda dosa. Dialah Yesus Kristus yang menjadi penebus dosa manusia. Allah adalah awal dan akhir, asal dan tujuan semua makhluk. Dengan kehadiran Yesus Kristus, manusia mencicipi keselamatan di akhir zaman. Masa depan bukanlah sekedar waktu, tetapi peristiwa Allah yang mendatangi kita. Tuhan mengingat kita dan dalam Kristus kita diangkat menjadi sahabat-sahabat-Nya. (UAPs 2-4)

Dalam masa Adven, Allah memberi kita waktu untuk membarui jiwa dan raga, untuk memulihkan pandangan dan membangun sekali lagi nilai-nilai yang membentuk dan mengontrol hidup kita (Mat.24:37-44; UAP 1). Kita diajak supaya menjadi pelayanan kedamaian bagi yang lain (Mzm. 121)

Refleksi

Apa yang Tuhan ingin aku lihat? Pemahaman dan keinginan apa yang Tuhan ingin sampaikan di hatiku?

Percakapan dengan Tuhan

Aku sampaikan semua ketakutan dan keraguanku beserta keinginan dan kerinduanku di hadapan Tuhan.

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a comment